Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Kompor Listrik (2)

Kompor listrik yang mudah dan nyaman digunakan tentu akan sangat membantu aktivitas memasak. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menjatuhkan pilihan pada suatu merek dan tipe kompor listrik. Kami akan menuliskan hal-hal penting apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kompor listrik.

Perhatikan spesifikasi detail dari bagian pemanas kompor listrik

Terdapat tiga jenis kompor listrik. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Mari kita perhatikan ketiga jenis kompor listrik tersebut.

Tipe kawat terbuka merupakan model kompor listrik sederhana

Kompor listrik tipe ini merupakan yang pertama kali dibuat. Bagian yang berwarna putih merupakan tembikar tanah liat yang tahan panas.

Setelah itu, terdapat gulungan kawat pemanas yang disusun berbentuk spiral. Ketika terjadi proses pemanasan, kawat pemanas akan berwarna merah. Jika Anda menggunakan kompor tipe ini, akan lebih baik Anda meletakkan lapisan jaring di atas bagian pemanas.

Kompor ini ringan dan kecil, serta memiliki harga yang terjangkau. Selain itu, karena memiliki struktur desain yang stabil, jenis kompor ini juga cocok digunakan untuk memasak dengan panci berukuran kecil sekalipun.

Kompor listrik dengan kawat spiral tertutup yang kuat dan tahan lama

Seperti tipe kompor listrik sederhana, tipe ini juga memiliki gulungan kawat yang disusun secara melingkar. Kawat itulah yang berfungsi untuk menghasilkan panas. Hanya saja, pada tipe ini terdapat lapisan pembungkus kawat. Kawat tersebut dibungkus dengan material isolator, kemudian dimasukkan ke dalam pipa logam.

Ciri utama dari tipe kompor listrik ini adalah struktur kompor yang berdaya tahan kuat. Walaupun tipe kompor listrik sederhana sudah sangat populer, tetapi kompor tersebut mudah pecah jika Anda menumpahkan sesuatu di atasnya. Berbeda dengan tipe ini yang memang lebih tangguh.

Material yang digunakan sebagai pembungkus kawat sebenarnya juga banyak digunakan pada kompor lainnya. Pembungkus kawat dapat membantu mengontrol dan menstabilkan suhu panas kompor. Selain itu, bagian pemanasnya juga lebih mudah dibersihkan. Sayangnya, kompor ini jarang ditemui di toko online di Indonesia.

Model pelat yang mudah dibersihkan

Dari penampilannya, kompor listrik tipe ini terlihat seperti kompor induksi, tetapi sebenarnya ini adalah kompor listrik dengan pelat yang menutupi kawat pemanas.
Anda dapat membersihkan kompor ini hanya dengan menyeka permukaannya.

Sebagai alternatif pengganti kompor gas, kompor listrik menyerap daya listrik yang cukup tinggi. Jika dibanding dengan kompor induksi, kompor induksi lebih efisien jika digunakan pada watt yang sama.

Namun, kompor listrik lebih kompatibel dengan berbagai peralatan memasak. Dengan kompor listrik, Anda dapat menggunakan peralatan memasak yang terbuat dari aluminium dan tembaga.

Pilih kompor dengan konsumsi daya listrik yang sesuai dengan pemakaian Anda

Secara umum, terdapat tiga tahap konsumsi daya dalam kompor listrik. Daya sebesar 300 watt untuk memanaskan bagian luar, 300 watt untuk memanaskan bagian dalam, dan 600 watt untuk memanaskan seluruhnya. Jika hanya ingin menghangatkan makanan, Anda dapat menyesuaikan ketiga tahap tersebut.

Jika Anda membutuhkan tingkat panas yang sungguh-sungguh tinggi dalam memasak, Anda harus memilih kompor dengan konsumsi daya sebesar 1000 watt. Dengan konsumsi daya 1000 watt, Anda dapat memasak dengan lebih cepat. Anda hanya perlu mengatur tingkat suhu yang sesuai dengan kebutuhan.

Perhatikan panjang kabelnya

Walaupun merupakan hal penting yang harus diperhatikan, panjang kabel sering kali luput dari perhatian konsumen.

Sangat disayangkan jika panjang kabel kompor Anda tidak dapat mencapai sumber listrik.

Anda memang dapat menggunakan kabel ekstensi, tetapi akan lebih baik jika kabel kompor listrik dapat langsung dipasang ke sumber listrik.

Panjang kabel yang kami rekomendasikan adalah sekitar 1 meter hingga 1,8 meter. Jangan lupa untuk memeriksa spesifikasi kompor listrik dan terutama panjang kabelnya sebelum Anda membelinya.

Source: my-best.id/39417/

Post a Comment for "Cara Memilih Kompor Listrik (2)"